Kalah, Pelatih Malaysia Nilai Ada Peningkatan Sepak Bola di SEA Games 2019

Ong Kim Swee

Info Bola Terkini – Timnas Malaysia mengalami kekalahan dan terdepat dari perhelatan SEA Games 2019. Walau sempat menjadi tim favorit ketika satu grup bersama timnas lain yakni Myanmar, Filipina, Kamboja, dan Timor Leste di grup A, namun nyatanya Malaysia harus pulang lebih cepat.

Timnas Malaysia tidak berhasil menang melawan timnas Kamboja dalam cabang sepak bola SEA Games 2019, yang kemudian gagal tampil di babak semifinal dari Grup A dalam matchday pada Rabu sore (4/12/2019).

Dalam laga tersebut di Stadion Rizal Memorial, Manila, timnas Kamboja sukses dengan skor 3-1. Semua gol yang dilakukan terjadi pada babak kedua, yaitu lewat In Sodavid, Sieng Chanthea dan Keo Sokpheng. Sementara untuk Malaysia, mereka mencetak gol tunggal lewat Quentin Cheng.

Sebelumnya, di laga pada Senin (2/12/2019), timnas Myanmar sudah mencatatkan lebih dulu tiket menuju empat besar setelah mennag atas Kamboja dengan skor 2-1. Setelah laga tersebut, pelatih Timnas Malaysia U-22, yakni Ong Kim Swee menampilkan sikap sportif dengan menghargai kemenangan lawan.

“Selamat untuk Kamboja. Kami sudah berusaha dengan maksimal namun kalah. Timnas kami tidak dapat menggunakan kesempatan dengan baik dan kami menerima hasil tersebut. Pemain saya tidak mempelajari kesalahan dari laga sebelumnya,” ujar pelatih Timnas Malaysia U-22.

Lebih lanjut, pelatih ini mengatakan jika ini menjadi bukti peningkatan pada kekuatan sepak bola di Asia Tenggara yang sudah meningkat. “Dapat dilihat performa dari timnas Kamboja sejak bermain dan sulit mengalahkan tim mereka,” lanjut pelatih dari Melaka tersebut.

“Saya ingin semua pemain muda dapat belajar dari hasil ini setelah turnamen ini. Saya sudah mengatakan hal tersebut yang terpenting adalah bagaimana kami tetap bangkit walau kalah. Semoga ke depan, kami lebih kuat lagi. Ini hanya kompetisi usia muda,” ucap pelatih tersebut.

Dengan hasil buruk tersebut, Malaysia hanya mendapatkan poin empat dari empat laga mereka di Grup A. Tim Harimau Malaya hanya sekali menang yaitu saat melawan Timor Leste dengan skor. Selain itu, mereka tampil seri dengan skor 1-1 melawan Myanmar di laga awal dan gagal dalam melawan Filipina dan Kamboja.

Dengan meraih poin empat, Akhyar Rashid dan rekannya yang lain hanya berada di posisi ke-4 pada Grup A, di atas Timor Leste yang menjadi tim terbawah. Jelas ini menjadi hasil yang mengecewakan karena sebelumnya Malaysia merupakan timnas yang dijagokan di SEA Games 2019 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *